Promosi Wisata

  Pantai Cemantan berada di daerah Kecamatan Kahayan Kuala, di Desa Cemantan Kabupaten Pulang Pisau provinsi kalimantan tengah. Panjang Pantai Cemantan ± 2,5 km. Dengan luas membujur dari ujung timur kearah barat dibatasi dengan sungai Guha. Jarak dari Ibukota Kabupaten pulang Pisau berjarak ± 50 km dengan waktu tempuh dengan menggunakan speed boat sekitar 1 jam, dan 4 jam dengan menggunakan kelotok. Jalan darat mulai dibuat dari Ibukota Kecamatan Kahayan Kuala ( Bahaur ) sepanjang ± 4 km.  Jarak dari Ibukota Kabupaten Pulang Pisau melalui jalan darat 2,5 – 3 jam perjalanan. Selain panaroma pantai yang indah ( masih alami ), kekayaan alam seperti perikanan, perkebunan ( Kelapa) juga pertanian sangat baik untuk dikembangkan.
Destinasi wisata pantai yang ada di Kabupaten Pulang Pisau adalah satu-satunya yaitu Pantai Cemantan. Pantai ini sangat baik untuk di kembangkan mengingat jaraknya tidak terlalu jauh untuk di datangi/dikunjungi oleh masyarakat dari kabupaten tetangga yang sama sekali tidak mempunyai wisata pantai. Kabupaten tetangga dimaksud anta lain : Kapuas, Kota Madya Palangka Raya, Gunung Mas, dan Katingan.
Disamping Wisata Pantai, di Sabangau Kuala juga terdapat Taman Nasional Sabangau yang sedang dikembangkan oleh pemerintah pusat, Provinsi dan kabupaten, karena telah termuat dalam RIPPARNAS, RIPPARPROV dan RIPPARDA.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *